Design a site like this with WordPress.com
Get started

Mendalami Tarian Modern

Tarian kekinian, tarian teater dari arenawin.net yang mulai tumbuh di Amerika Serikat serta Eropa di akhir era ke-19, terima nomenklaturnya serta keberhasilan yang meluas pada era ke-20. Ini berkembang jadi protes pada adat tarian balet serta interpretatif waktu itu.

Apa Itu Tarian Modern ?

Cikal akan tarian kekinian di Eropa terhitung Émile Jaques-Dalcroze, simpatisan skema eurythmics petunjuk musik, serta Rudolf Laban, yang menganalisa serta mensistematisasikan bentuk-bentuk gerak manusia ke skema yang disebutkan Labanotation (untuk info selanjutnya, lihat notasi tari). Beberapa prekursor pergerakan tari arenawin kekinian ada dalam karya wanita Amerika. Loie Fuller, seseorang aktris Amerika yang berubah jadi penari, pertama-tama memberi status artistik tarian gratis di Amerika Serikat. Pemakaian pencahayaan teatrikal serta kain sutra China panjang transparan sekaligus juga membuat mendapatkan pujian dari beberapa seniman dan khalayak umum. Ia menyusul penari kekinian yang lain dalam memberontak menantang tehnik resmi, dalam membangun perusahaan, serta dalam membuat film.

Tarian cuma sisi dari dampak teater Fuller; buat penari Amerika yang lain, Isadora Duncan, itu ialah sumber penting. Duncan bawa kosakata pergerakan basic ke standard heroik serta ekspresif. Ia tampil dalam gaun tipis yang mengalir yang membuat lengan serta kakinya telanjang, membuat tariannya menari dengan rasio yang besar sekali. Pengungkapannya mengenai kemampuan pergerakan simpel membuat kesan-kesan pada tarian yang bertahan jauh melebihi kematiannya.

Ide Perkembangan Tarian Modern

Edukasi resmi tarian kekinian lebih sukses diraih oleh Ruth St. Denis serta Ted Shawn. St. Denis mendasarkan sejumlah besar karyanya pada style tarian Timur serta bawa pesona eksotis ke perusahaannya. Shawn ialah pria pertama yang masuk dengan group, jadi pasangannya serta selekasnya jadi suaminya. Tarian nonballetic dengan sah dibangun pada tahun 1915, saat mereka membangun sekolah Denishawn.

Dari barisan anggota arenawin, ada dua wanita yang bawa keseriusan style baru serta memprakarsai tarian kekinian yang pas. Doris Humphrey mengutamakan ketrampilan serta susunan dalam koreografi, meningkatkan pemakaian pengelompokan serta kompleksitas dalam ansambel. Martha Graham mulai buka komponen fresh ekspresi emosi dalam tarian. Tehnik tarian Humphrey didasarkan pada prinsip jatuh serta pemulihan, Graham berdasar pada kontraksi serta pelepasan. Saat yang sama di Jerman, Mary Wigman, Cuma Holm, serta yang lain membuat style resmi serta ekspresionis yang sepadan.

Seperti dalam tarian Duncan, badan serta panggul dipakai jadi pusat pergerakan dansa. Pergerakan horisontal dekat lantai jadi integral tari kekinian seperti dalam balet. Dalam tegang, seringkali menyengaja buruk, anggota tubuh ditekuk serta kaki rata, tarian kekinian mengemukakan emosi tersendiri yang balet pada saat itu dijauhi. Diluar itu, tarian kekinian diatasi dengan prihatin langsung serta kontemporer yang kontras dengan segi balet resmi, classic, serta seringkali naratif. Itu sampai intensif serta keterusterangan ekspresif baru.

Perintis lain yang punya pengaruh dari tarian kekinian ialah penari, koreografer, serta antropolog Katherine Dunham, yang mempelajari serta menerjemahkan tarian, ritual, serta narasi rakyat dari diaspora hitam di Amerika tropis serta Karibia. Dengan menyatukan pergerakan tarian wilayah yang otentik serta meningkatkan skema tehnis yang mendidik murid-muridnya dengan mental atau fisik, dia memperluas batas-batas tarian kekinian. Pengaruhnya bersambung sampai ini hari.

Penari Latar Belakang

Seperti Dunham, penari serta koreografer arenawin kelahiran Primidadian, Pearl Primus, belajar antropologi. Studinya membawanya ke Afrika (ia pada akhirnya ambil gelar Ph.D dalam studi Afrika serta Karibia), serta koreografinya mendalami tema-tema Afrika, India Barat, serta Afrika-Amerika.

Lester Horton, seseorang penari pria serta koreografer yang kerja pada periode yang sama juga dengan Dunham serta Primus, di inspirasi oleh adat tarian masyarakat asli Amerika. Ia terjebak dalam semua segi tarian, pencahayaan, set, dan lain-lain dan ialah seseorang guru yang populer, yang murid-muridnya terhitung Alvin Ailey, Jr. serta Merce Cunningham

Advertisement

Leave a comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: